Menjadi blog yang memiliki banyak traffic? Bisa jadi blog Anda adalah salah satunya. Setiap blogger menghasilkan sebuah karya, dan sangat nikmat sekali jika karyanya mendapatkan apresiasi banyak pihak.
Nah, ada catatan dari blogger yang sukses bernama steve pavlina. Dia membuat artikel tentang bagaimana menciptakan blog yang bisa mendatangkan banyak traffic. Blognya sendiri sudah banyak dikenal sebagai blog pengembangan pribadi. Artikelnya sangat banyak, dan semuanya berbobot.
Keberhasilannya mengembangkan blog pengembangan diri, membuat setiap orang ingin menyimak apa yang dia sampaikan. Nah, pertumbuhan trafficnya dicatat dengan baik, mulai dari pengunjung yang biasa-biasa saja, hingga berhasil menjaring 700.000 pengunjung setiap bulan.
Dengan bertambahnya traffic, kita bisa memaksimalkan kemana arah blog kita mau dimainkan. Tentu ini adalah hal lumrah, karena memang dengan banyak pengunjung, berarti kita mendapatkan kesempatan untuk bisa dekat dengan mereka.
Mungkin catatan keberhasilan steve pavlina bisa menginspirasi kita untuk ikutan mengambil makna dan menerapkannya di blog yang sedang kita bangun. Oke, cekidot....
1. Menulis Konten Yang Bernilai
Banyak blog bertebaran, cuma masalahnya adalah ; apakah isinya cukup bernilai bagi pengunjung apa tidak? Ane sendiri datang secara rutin ke kaskus, nyimak blognya rahard atau ndoro kakung karena emang yang ditulis benar-benar mantap.
Misalkan juga shitlicious dot com, disitu banyak artikel karangan alitt susanto yang selain kocak juga sedikit banyak menyinggung nilai-nilai kehidupan. So, karena keunikan tersebut ane meluangkan waktu untuk ikutan nimbrung dan membaca apa yang disajikan.
Membuat blog adalah tentang menyediakan "sesuatu yang berharga" bagi pengunjung. Mereka datang ke sebuah blog hanya sekedar kepo atau benar-benar menemukan apa yang mereka suka disitu.
Pengalaman dari steve, sebelum dia menuliskan sesuatu, kadang dia membayangkan berdiri di depan panggung konser. Dia berpikir, apa yang bisa dia sampaikan ke pengunjung yang berjubel jumlahnya itu.
Dengan begitu, dia merasakan energi yang luar biasa, yang mendorong dirinya untuk menuliskan sesuatu yang benar-benar bernilai. Tulisan-tulisan dia berfokus pada permasalahan pengembangan kepribadian. Ya anggaplah si steve ini sebagai seorang motivator.
Ane sendiri masih jauh dari tahapan itu dan jujur saja masih dalam tahap membangun konten yang bermutu. Sebisa mungkin mengarahkan artikel menjadi sesuatu yang baik bagi pengunjung. Lalu pertanyaannya, apa itu konten?
Konten adalah isi--jadi ingat kata biksu di sinetron journey to the west ; kosong adalah isi, isi adalah kosong :)--Maksudnya dari isi ini adalah artikel-artikel atau apapun yang disampaikan di sebuah blog. Apakah isinya bagus apa tidak. Apakah isinya hanya copy paste atau hanya sekedar menjadi diary online yang isinya tentang kehidupan pribadi dari pengarangnya?
Lalu timbul pertanyaan bagi diri ane sendiri ; lha yang mau kamu kontenkan di blog ini apa? Jleb! Iya ya...apa yang mau ane sajikan? Ah, tentu saja hal-hal menarik di seputaran hidup kita. Kalo mau jujur, ya ane upload informasi-informasi yang mungkin dibutuhkan oleh pengunjung.
2. Menulis Artikel Original
Bahasa inggrisnya Original Content, ane terjemahkan menjadi konten original. Maksudnya kurang lebih begini : ide boleh jadi dari google, hasil kita diskusi, atau saat mampir diblog terkenal. Tapi bagaimana mengemasnya itulah yang dikatakan konten asli dari diri sampeyan sendiri.
Sampeyan yang mengetiknya
Sampeyan yang mengarangnya
Sampeyan yang memoles kira-kira enaknya artikel ini dibikin bagaimana
It's all about you to deliver. Bagaimana pintar-pintar diri kita menyampaikan apa yang mau disampaikan.
Secara umum beberapa orang memahami sebagai tidak copy paste. Itu benar juga. Copy paste hanya mencederai originalitas, apalagi di tengah-tengah kemudahan control+C dan control+V. Dua-duanya adalah godaan besar bagi blogger yang benar-benar ingin membesarkan blognya.
Memang tidak mudah menulis artikel original. Tapi juga bukan hal sulit jika ia dikerjakan dengan tekun.
Ane contohnya bagaimana blog mentalist indonesia, Dedy Corbuzier yang tulisannya sekalipun enak dibaca. Pendek-pendek, to the point, plus enak dibaca. Bahkan Dedy sendiri membuat ebook yang kemudian di download oleh jutaan orang (Ebook tentang DIET OCD yang top markotop).
Awalnya mungkin profesi blogger ini hanya bisa dimiliki oleh orang-orang yang pandai menulis. Pengarah buku mungkin bisa menemukan kemudahan untuk menuangkan ide dengan lancar. Tapi ternyata, blogger yang sukses juga berangkat dari orang-orang yang mampu menembus keterbatasan.
Kesulitan untuk menulis bisa diatasi dengan paragraf yang pendek-pendek.
Hambatan utamanya adalah pintar-pintar saja kita mengelola diri sendiri agar terus keukeh menerbitkan tulisan yang bagus sesuai dengan kemampuan menulis yang kita miliki. Mau pendek-pendek boleh, mau panjang boleh, asalkan yang sampeyan tulis diminati banyak orang.
3. Menulis Konten Yang Bertahan Dalam Jangka Waktu Yang Lama
Coba bandingkan menulis hal-hal berikut ini :
- Bagaimana mengatasi penundaan
- 3 Cara agar tertidur cepat saat malam hari
- 5 Rahasia Kolonel Sanders Yang Mungkin Belum Anda Tahu
Bandingkan dengan judul ini :
- 5 Fakta dibalik prostitusi para artis
- 4 Rahasia Prabowo Subianto
- 6 Fakta mengejutkan seputar jokowi
Judul-judul yang pertama mungkin berasa akan "layak" dibaca hingga puluhan tahun berikutnya. Generasi-generasi setelah kita pun kemungkinan juga masih oke menikmati tulisan yang dibuat saat ini.
Dengan menulis artikel yang memiliki relevansi hingga puluhan atau bahkan ribuan tahun yang akan datang, membuat tulisan sampeyan terasa up to date, karena memang kemalasan, kesulitan tidur, dan KFC masih akan terus ada hingga (mungkin) ratusan tahun yang akan datang.
4. Tulislah Untuk Manusia Dulu, Bukan Mesin Pencari
Banyak yang mengajurkan untuk mengikuti kata pencarian paling banyak di google. SEO kalo bahasanya sekarang. Nasehat ini sudah jamak disampaikan oleh penggiat blogging. Dan itu gak ada yang salah. Tapi kawan, dunia internet ini adalah dunia yang penuh dengan kuantitas. Artikel-artikel kesehatan berpuluh-puluh jumlahnya. Tapi kualitas lebih menentukan. Banyak artikel is fine, tapi artikel yang membahas tentang sesuatu secara detaillah yang akan memenangkan hati pembaca.
Ane bukannya anti SEO mas-mbak bro. Bahwa SEO ini penting juga. Tapi yang lebih penting adalah, kita menulis untuk para pengunjung yang nota bene adalah manusia. Bahkan ane sendiri sejauh ini belum memperhatikan masalah SEO lebih detail dan fokus pada pengisian konten.
Kira-kira itulah yang bisa kita lakukan untuk meraih traffic yang massive. Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada kerja keras dan kerja cerdas disitu. Yang lebih penting adalah ; nikmati saja proses blogging ini sambil melihat apakah sejauh ini kita berada di rel yang benar.
Jika dirasa melenceng, ada baiknya jika kita menyingsingkan lengan baju untuk membuat blog kita berada pada pakem keberhasilan.
Selamat berkarya.
No comments:
Post a Comment